BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

welcome to my blog.............

Rabu, Februari 04, 2009

TENTANG TUMBUHAN NANAS(ANANAS COMOSUS)

1.SEJARAH SINGKAT TANAMAN NANAS


Nanas mrupakan tanaman buah berupa semak yang memiliki nama ilmiah Ananas cosmosus.Memiliki nama daerah danas (sunda) dan neneh (sumatera). Dalam bahasa inggris disebut pineapple dan orang-orang sepanyol menyebutnya pina.Nanas berasal dari Brasilia ( Amerika selatan) yang telah di domestikasi disana sebelum masa columbus.Pada abad ke-16 orang sepanyol membawa nanas ini ke Filiphina dan semenanjung malaysia,masuk ke indonesia pada abad ke-15,(1599).Di indonesia pada mulanya hanya sebagai tanaman perkarangan,dan meluas dikebunkan di lahan kering (tegalan) di seluruh wilayah nusantara.Tanaman ini kini di pelihara didaerah tropik dan subtropik.


2.JENIS TANAMAN

Klasifikasi tanaman nanas adalah :
Kingdom : plantae (tumbuh-tumbuhan)
Divisi : Spermatophyta (tumbuhan berbiji)
Kelas : Angiospermae (berbiji trtutup)
Ordo : Farinosae (Bromeliales)
Famili : Bromiliaceae
Genus : Ananas
Species : Ananas comosus

Kerabat dekat nanas cukup banyak, terutama nanas liar yang biasa dijadikan tanaman hias misalnya A.braketeatus (lindl) schultes,A.frizzumeleri dan yang lainnya berdasarkan habirtus tanaman, terutama bentuk daun dan buah dikenal 4 jenis golongan nanas yaitu :cayene(daun halus,tidak berduri,buah besar)m Queen (daun pendek berduri tajam, buuh lonjong mirip keucut)Spanyol (daun panjang kecil berduri halus,buah bulat denagan mata datar) Abacaxi(daun panjang berduri kasar,buah silindris atau seperti piramida.Variates cultivar nanas yang banyak ditanam di tanam di indonesia adalah golongan cayene dan Queen.Golongan spanyol dikembangkan di india barat,puerterico dan malaysia. golongan abacaxi banyak ditanam di brazilia.Dewasa ini ragan variates/cultivar nanas yang di kategorikan unggul adalah nanas bogor,subang dan palembang.


3.MANFAAT TANAMAN

Bagian utama yang bernilai ekonomi penting dari tanaman nanas adalah buahnya, buah nanas selain di konsumsi segar juga dapat di olah menjadi berbagai macam makanan dan minuman, seperti selai, sirop, keripik, manisan, kolang kaling,biasa juga ada yang menjadikan nanas sebagai sayuran,pacri dan lain sebagainya. Rasa buah nanas manis sampai agak masam segar, sehingga di sukai masyarakat luas.Di samping itu, buah nanas mengandung gizi cukup tinggi dan lengkap.Buah nanas mengandung enzim bromelain (enzim protese yang dapat menghidrolisa protein, protese dan peptide ) sehingga dapat digunakan untuk melunakkan daging.Enzim in sering pula dimanfaatkan sebagai alat kontrasepsi keluarga berencana, buah nanas bermanfaat bagi kesehatan tubuh, sebgai obat enyembuh penyakit sembelit, gangguan saluran kencing, mual-mual, flu, wasir dan kurang darah, penyakit kulit (gatal-gatal, eksim dan kudis) dapat diobati dengan diolesi sari buah nanas.Kulit buah nanas dapat diolah menjadi sirop dan diekstrasi cairannya untuk pakan ternak.

4.SENTRA PENANAMAN

Di asia tanaman nanas di tanam di negara-nagara thailand,filiphina, malaysia dan indonesia,di indonesia terdapat di daerah sumatara utara, jawa timur , Riau, Sumatera selatan dan jawa barat, dan ada sebagian kecil di kalimantan barat,di kabupaten kubu raya di desa rasau jaya.Pada masa mendatang amat memungkinkan propinsi lain memprioritaskan pengembangan nanas dalam sekala yang lebih luas dari tahun tahun sebelumnya.Luas panen nanas di indonesi + 165.690 hektar dan 25,24% dari sasaran panen buah2an nasional (657.000 hektar ).Beberapa tahun terakhir luas areal tanaman nanas menempati urutan pertama dari 13 jenis buah-buahan yang dikomersialkan di indonesia.


5.SYARAT TUMBUH
1.Iklim
a.Tanaman nanas dapat tumbuh pada kedaan iklim basah maupun kering, baik tipe ikilim A, B, C maupun D,E,F.tipe iklim A terdapat di daerah amat basah B daerah basah C daerah agak basah E daerah agak kering F daerah kering.
b.Pada umumnya tanaman nanas ini toleran terhadap kekeringan serta memiliki kisaran curah hujan 1000-1500mm/thn.Akan tetapi tanaman nanas tidak toleran terhadap hujan salju karena rendahnya suhu.
c.Tanaman nanas dapat tumbuh dengan baik dgn cahaya matahari rata-rata 33-71% dari kelangsungan maksimumnya
d.Suhu sesuai untuk budidaya tanaman nanas adalah 23-32 derajat C, Dan juga suhu rendah 10 derajat C.

2.MEDIA TANAM
drjat keasaman yang cocok adalah pH 4,5-6,5.Tanah ini banyak mengandung kapur. dan juga sangat dibutuhkan air.jangan terlalau banyak ,tidak becek (menggenang).
ketinggian tempat nanas cocok ditanam di ketinggian 800-1200 m .Pertumbuhan optimum nanas adalah antara 10-700.




Sumber:1.Budidaya nanas,biologi blog
2.Bpk.M Arasy village batuampar

3 komentar:

BeeMouNTaiN mengatakan...

mau dong nanas nya..dua aja ya buat bekel naik ke everest nih..hehehe

Arief Rahman Heriansyah mengatakan...

Wuihh...NANAS yg lezat tuh ! Aku mau donk ....^_^:-)

Anonim mengatakan...

nanas nanas...
jdi ngiler ne"